Tips Awet Muda

Thursday, January 1, 2015

5 Faktor Penyebab Penuaan Dini Yang Harus Di Hindari

Terjadinya penuaan pada seseorang tidak dapat dihindari sedikit pun, tetapi kita hanya bisa memperlambat proses penuaan tersebut (Baca : 7 Cara Mudah dan Praktis Mencegah Penuaan Dini). Salah satu hal yang paling ditakuti oleh sebagian wanita adalah timbulnya keriput pada kulit yang menandakan bahwa telah terjandinya proses penuaan pada kulit. Apalagi hal ini terjadi ketika usia anda belum seharusnya masuk tahap penuaan atau biasa disebut dengan penuaan dini, tentu saja hal ini akan membuat seseorang terlihat tua.

Untuk menghambat terjadinya penuaan dini ,terlebih dahulu kita harus tahu faktor-faktor penyebab penuaan dini ini terjadi. Berdasarkan beberapa artikel faktor penyebab penuaan dini terjadi, ialah seringnya kulit atau tubuh terkena radikal bebas atau paparan langsung sinar matahari.

5 Faktor Penyebab Penuaan Dini Yang Harus Di Hindari

Tetapi faktor penyebab penuaan dini ini tidak hanya sebatas itu saja, namun ada beberapa faktor penyebab penuaan dini yang mungkin jarang disadari oleh sebagian orang. Pensaran apa saja ? mari langsung saja kita simak 5 Faktor Penyebab Penuaan Dini didalam kehidupan sehari-hari yang harus dihindari.

1.Merokok
Merokok memang memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan juga bagi peremajaan,kandungan-kandungan rokok di bawah ini lah yang membuat penuaan dini cepat berlangsung.


  • .Nikotin yang terkandung pada rokok,jika dikonsumsi secara banyak dan berlebihan akan berakibat pada kurangnya kelembapan kulit sehingga ini akan membuat kulit menjadi kusam,kering dan juga kasar.

  • Setelah dilakukan penelitian,rokok mampu mengurangi kadar vitamin A yang terkandung pada wajah,padahal Vitamin A pada wajah ini berfungsi sebagai antioksidan,dan kita tahu antioksidan berguna untuk melawan radikal bebas dan memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas. 

  • Kandungan tembakau pada rokok semakin lama akan mengurangi kolagen yang ada pada kulit,padahal koleagen berfungsi sebagai penjaga keelastisitasan dan fleksibilitas kulit anda. 

  • Dengan merokok anda telah menurunkan kinerja aliran darah dan oksigen ke wajah sehingga bakteri-bakteri menumpuk di sana dan akan menimbulkan jerawat maupun komedo-komedo. 

  • Yang terakhir ,seperti kita tahu radiasi matahari atau paparan matahari langsung dapat mempengaruhi peremajaan kulit anda dan merusaknya begitu juga dengan paparan panas rokok beserta asapnya. Kedua hal tersebut mampu menurunkan elastisitas kulit anda. Selain itu jika kulit anda terluka dan anda seorang perokok aktif,maka luka anda akan lebih lama tertutup karna kandungan dalam rokok menganggu proses regenerasi pada kulit. 

2. Alkohol
Mengkonsumsi alkohol sangatlah tidak baik,baik itu dari segi tubuh kita maupun dari segi kulit. Dengan mengkonsumsi alkohol berlebih membuat anda memiliki nafsu atau kebiasaan makan yang tidak teratur,sehingga kulit yang seharusnya mendapatkan asupan nutrisi dengan teratur tidak dapat terwujudkan.

3. Nutrisi yang buruk
Seperti halnya diatas kulit dan tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk kelangsungannya. Dalam sehari kulit harus bekerja keras memperbaiki sel-sel yang rusak akibat sinar matahari langsung dan radikal bebas,maka dari itu kulit mmbutuhkan asupan nutrisi yang cukup berupa mineral,vitamin dan antioksidan. Dan kami anjurkan untuk memakan buah-buahan segar dan sayur-sayuran hijau.

4. Radiasi matahari
Radiasi matahari sangat merusak pada kulit anda,dimulai dari merusak kolagen kulit,menciptakan radikal bebas, membentuk bercak-bercak hitam pada kulit sebagai penanda terjadinya penuaan dini,dan membuat kulit kekurangan kekebalannya sehingga kulit tidak mampu dengan optimal mengecek berbagai sel yang mengalami kerusakan sehingga tidak dapat memperbaiki sel-sel yang rusak tersebut.

5.Polusi
Yang terakhir ini juga tak kalah pentingnya dan harus diperhatikan sama halnya dengan radiasi matahari. Polusi sebenarnya tidak terlalu berbahaya bagi kulit namun efeknya terhadap lingkunganlah yang berbahaya pada kulit. Polusi seperti yang kita tahu dapat merusak lapisan ozon bumi sehingga radiasi matahari yang memiliki intensitas tinggi akan masuk ke bumi,dan ini dapat menyebabkan terjadinya kanker pada kulit anda.

Itulah 5 faktor penyebab penuaan dini yang harus anda hindari agar selalu awet muda dan kulit tidak cepat keriput. So, mulailah menjalani pola hidup yang sehat dari sekarang karena hal tersebut bisa membuat tubuh anda tetap sehat dan bugar.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Faktor Penyebab Penuaan Dini Yang Harus Di Hindari

0 comments:

Post a Comment