Tips Awet Muda

Wednesday, January 14, 2015

Hati-Hati, Smartphone Dan Tablet Bisa Sebabkan Penuaan Dini

Smarthphone dan tablet merupakan sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan lagi dari kehidupan sehari-hari, dimana setiap orang pasti membutukan barang yang satu ini dan membawanya kemanapun mereka pergi. Namun tahukah anda bahwa terlalu sering bermain dengan smarthphone dan tablet ternyata bisa menyebabkan seseorang mengalami penuaan dini.

Seperti yang diungkapkan oleh ahli dermatologi, pengguna smarthphone dan tablet akan cenderung lebih cepat terlihat tua. "Masalah kulit keriput dan kendur dari rahang dan leher biasanya dimulai pada akhir usia pertengahan. Namun, 10 tahun terakhir ini fenomena 'tech-neck' menjadi masalah bagi generasi wanita muda," kata Konsultan Dermatologi London Clinic, Dr Christopher Rowland Payne.

Hati-Hati,  Smartphone Dan Tablet Bisa Sebabkan Penuaan Dini
 Lebih lanjut ia mengatakan bahwa, seseorang yang terbiasa menggunakan smartphone dan tablet maka secara tidak sadar akan membuat leher mereka sering membungkuk untuk melihat layar gadget tersebut sehingga hal ini menyebabkan kulit diarea sekitar leher akan leih cepat kendur atau biasa disebut dengan “tech-neck”.

Jika dahulu para wanita sangat mengkhawatirkan kulit di area T-zone (dahi dan hidung) dan melakukan berbagai perawatan untuk mencegah timbulnya kerutan di sekitar area tersebut, tetapi saat ini dengan terlalu sering menggunakan smartphone dan tablet tanpa mereka sadari bahwa pelan-pelan kebiasaan ini bisa merusak kulit di area yang lain yaitu Y-zone (tenggorokan dan dada bagian atas).

Sejumlah dermatologi telah sepakat bahwa kebiasaan buruk akibat terlalu sering menggunakan smartphone dan tablet bisa mempercepat seseorang mengalami proses penuaan. Hal ini disebabkan karena apabila seseorang terlalu sering menunduk kebawah maka akan berpengaruh terhadap gaya gravitasi sehingga daya elastisitas kulit akan hilang secara perlahan. ( Baca : 4 Hal Sepele Yang Bisa Memicu Penuaan Dini Pada Kulit )

Selain itu, dampak akibat terlalu sering menggunakan smartphone dan tablet tidak hanya membuat seseorang mengalami penuaan dini tetapi juga berdampak bagi kesehatan tubuh seperti mengalami ganguan tidur. Bahkan yang lebih parah, hal ini bisa menggangu hubungan anda dan pasangan.

Nah, bagaimana menurut pendapat anda mengenai pendapat dari ali dermatologi diatas ? apakah anda setuju atau tidak. Memang hal ini menjadi dilema tersendiri bagi sebagian wanita, dimana seperti yang kita ketahui bersama manusia zaman sekarang sangat sulit untuk bisa lepas dari smartphone dan tablet mereka.

So, pilihan tetap ditangan anda dan semoga seiring berkembanganya teknologi bisa disikapi dengan bijak oleh para manusianya sehingga hal-hal yang negatif bisa dihindari tanpa harus meninggalkan teknologi tersebut. Jangan lupa sebelumt tidur malam lakukan hal ini agar tetap cantik ketika bangun dipagi hari (Baca: Mau Awet Muda ? Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hati-Hati, Smartphone Dan Tablet Bisa Sebabkan Penuaan Dini

0 comments:

Post a Comment